Pilih Menabung Atau Asuransi Kesehatan Prudential

Pilih Menabung Atau Asuransi Kesehatan Prudential

Apabila sobat disuruh pilih menabung atau asuransi kesehatan Prudential pastinya anda akan kebingungan. Manakah yang terbaik. Dalam satu sisi ada kelebihan dan ada kekurangan. Misalkan menabung uang di bank akan menjamin uang sobat akan selalu terjaga dengan baik. Suatu waktu anda atau anggota keluarga anda akan sakit dan membutuhkan biaya pengobatan yang besar. Maka uang dalam tabungan bisa cepat habis dalam sekejap. Bahkan bisa kurang mengingat biaya kesehatan sangat mahal.

Ada pula orang yang berpendapat lebih bagus menabung uang di asuransi ketimbang di bank. Sebab ada manfaat ganda yang bisa kita rasakan. Pendapat ini sering dikemukakan oleh agen ataupun tenaga pemasaran asuransi untuk menarik banyak nasabah.

Manfaat Menabung Uang Di Asuransi

Berikut ini beberapa manfaat menabung uang di asuransi ketimbang di bank, antara lain:

1.Bagi hasil yang lebih besar

Kalau anda menabung uang di bank maka keuntungan bagi hasil sangat rendah. Hal ini berbanding terbaik jika anda menabung uang di asuransi. Dengan tingkat keuntungan laba lebih besar karena disalurkan pada sektor usaha produktif.

2.Proteksi dan Investasi

Dengan menabung uang di asuransi kesehatan unit link maka anda mendapatkan keuntungan dua sekaligus yakni keuntungan mendapatkan proteksi biaya kesehatan dan investasi. Ketika berakhir masa pertanggungan maka anda dapat menarik kembali uang yang anda setorkan di asuransi investasi.

Menabung uang bukan hanya bisa dilakukan di bank. Tapi anda juga dapat melakukannya di rumah, di celengan maupun di asuransi. Sebab saat ini telah terdapat asuransi investasi. Anda akan mendapatkan perlindungan diri plus investasi. Uang hasil tabungan anda bisa diambil sewaktu-waktu dengan tambahan hasil investasi.

Pilih Menabung Atau Asuransi Kesehatan Prudential

Pilih Menabung Atau Asuransi Kesehatan Prudential

Untuk mengetahui mana yang terbaik harus anda pilih maka kita bahas dulu satu persatu karakteristik asuransi dan bank. Untuk bank yang dibandingkan adalah bank umum konvensional. Sedangkan asuransi yang dibandingkan adalah asuransi kesehatan Prudential unit link. Apa itu asuransi unit link? Asuransi yang berfungsi untuk memproteksi sekaligus investasi.

Karakteristik Bank dan Asuransi

Dengan menabung uang di bank maka simpanan uang anda di bank tersebut dijamin keberadaannya oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin  Simpanan (LPS). Sehingga uang anda di bank aman. Namun batasan jaminan simpanan oleh pemerintah sampai sebesar Rp 100 juta. Selebihnya tidak dijamin oleh pemerintah.

Apabila bank mengalami pailit maka nasabah tak perlu panik. Kalau uang yang ada di bank habis maka pemerintah melalui LPS yang akan mengganti uang simpanan nasabah di bank. Intinya uang yang anda tabungkan di bank seratus persen aman. Itulah yang menyebabkan bunga bank sangat kecil. Disebabkan resiko kerugian sangat kecil. Sesuai prinsip umum bahwa semakin tinggi resiko kerugian maka semakin besar keuntungan. Dan semakin kecil resiko kerugian maka semakin kecil laba yang didapatkan.

Hal ini sangat berbeda dengan menabung uang di asuransi. Anda tak mendapatkan jaminan keamanan uang anda seratus persen. Uang anda bisa dapat habis apabila salah dalam mengelola keuangan oleh manajer keuangan Prudential. Semisal dalam bentuk premi setiap bulan. Sehingga anda jangan berharap mendapatkan uang kembali dalam asuransi kesehatan.

Pendek kata, dalam menabung uang di bank lebih aman ketimbang menabung uang di asuransi. Karena nabung uang di bank sangat aman dan dijamin pemerintah. Sedangkan menabung uang di asuransi tak mendapatkan jaminan. Namun manfaat menabung uang di asuransi akan mendapatkan fasilitas perlindungan resiko kerugian. Yang tak dimiliki dengan menabung uang di bank.

Sementara itu, menabung uang di asuransi investasi akan membuat saldo tabungan anda bertambah besar dalam waktu singkat. Hal ini tak bisa anda dapatkan dengan menabung uang di bank. Hal tersebut beralasan karena uang yang disimpan dalam asuransi dipergunakan untuk kegiatan investasi produktif beresiko tinggi. Seperti pasar uang, obligasi, saham dll.

Menabung uang di asuransi kesehatan tidak bagus itu merupakan pendapat yang salah sekali. Justeru sangat menguntungkan dengan proteksi biaya kesehatan plus investasi di hari tua nanti. Namun itu ada resiko yang besar. Begitu pula menabung uang di bank itu tidak bagus adalah perkataan salah. Karena yang namanya menabung uang adalah sesuatu kebiasaan baik orang-orang kaya.

Apapun pilihan anda maka letakkanlah sesuatu pada tempatnya. Asuransi sebagai media perlindungan dari segala resiko kerugian seperti perlindungan jiwa dan kesehatan. Anda tak bisa berharap uang anda akan bertambah dengan menabung uang di asuransi. Seiring dengan resiko keuangan yang sangat besar dalam menabung uang di asuransi kesehatan. Dan tabungan di bank adalah sebagai perlindungan dari biaya tak terduga di masa depan.

Intinya, anda pilih menabung  atau asuransi kesehatan Prudential tergantung kebutuhan anda saat ini. Jika sobat atau anggota keluarga ada yang sering sakit-sakitan dan mempunyai riwayat penyakit kronis maka sangat tepat untuk mengambil asuransi kesehatan Prudential ketimbang menabung di bank. Sebaliknya, jika anda dan keluarga masih dalam keadaan sehat maka tak mengapa untuk menabung uang di bank sebagai persiapan biaya kesehatan di masa datang.

Setiap orang memiliki kebutuhan sendiri. Dari mulai kebutuhan mendasar sampai sekunder dan tersier. Seperti kebutuhan uang untuk modal usaha, kebutuhan membeli makanan, kebutuhan terhadap rumah, kebutuhan hiburan, kebutuhan terhadap pakaian, kebutuhan uang untuk biaya pendidikan anak sekolah, kebutuhan bayar angsuran sepeda motor atau mobil, kebutuhan uang untuk tabungan atau investasi dan lain-lain.

Anda dapat melihat kebutuhan setiap orang sangat besar termasuk anda mungkin. Kebutuhan yang besar tersebut harus dipenuhi. Salah satu caranya dengan bekerja untuk menghasilkan uang dan membeli semua kebutuhan itu.

Seiring dengan berjalan waktu, seseorang akan bertambah tua dan badan menjadi lemah serta kesehatan menurun. Sehingga ia terkena suatu penyakit ringan sampai kronis. Seperti penyakit jantung, diabetes, stroke dan lain sebagainya. Yang membuat ia tidak dapat bekerja lagi.

Dalam kondisi inilah seseorang menjadi sangat miskin. Ia harus membayar biaya kesehatan untuk berobat ke dokter. Belum ditambah lagi ia mesti memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Seperti membeli makanan, bayar biaya pendidikan anak sekolah, bayar cicilan sepeda motor dan mobil, mencicil KPR, bayar listrik dan air bulanan dll. Kebutuhan akan terus berjalan dan harus dipenuhi. Sedangkan kondisi badan tak memungkinkan untuk bekerja lagi. Di sinilah timbulnya suatu permasalahan.

Hal tersebut sudah sering kita saksikan di masyarakat kelas menengah ke bawah di Indonesia. Jalan keluar dari semua itu yaitu menggunakan tabungan untuk membiayai kehidupan sehari-hari. Itupun kalau punya tabungan. Kalau tidak bagaimana? Di sinilah pentingnya bagi anda untuk menabung sejak usia dini dalam menghadapi masa tua yang tak berdaya.

Salah satu momok yang paling menakutkan bagi mereka yang tak mempunyai asuransi kesehatan adalah menderita suatu penyakit kronis yang membutuhkan biaya sangat mahal. Untuk menjawab masalah itu adalah mengambil asuransi kesehatan yang membantu nasabah membiayai ongkos kesehatan yang mahal sekali. Jangan sampai terlambat mempunyai asuransi kesehatan ya?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post